0
Apakah blog adalah jejaring sosial? Menurut saya, “Ya”. Mengapa? Karena blog memiliki identitas dan antar sesama blogger ada semacam komunitas dimana di dalamnya ada suatu interaksi saling memperhatikan, saling mengikuti, dan saling berbagi. Apa buktinya?
Khusus di lingkup WordPress.com (WP.com) yang kita pakai sekarang, saya akan coba membuktikan adanya jejaring (network) tersebut:

1. Tombol (+) Follow

Coba Anda perhatikan, ketika sudah login ke Dasbor dan mengunjungi blog teman yang juga memakai WP.com, kita akan melihat tombol (+) Ikuti (Follow) pada Admin Bar (Admin Bar adalah sebuah bilah (pita) hitam yang membentang di bagian atas halaman blog).
follow1.png
Ketika kita mengklik (+) Ikuti atau (+) Follow setiap kali kita mengunjungi blog tetangga, itu berarti kita sudah menambahkannya (meng-add-nya) ke dalam lingkaran jaringan komunitas kita.
follow3.png
Saat kita tidak dalam keadan login ke Dasbor, tombol (+) Ikuti atau (+) Follow akan muncul pada pojok kanan bawah halaman blog yang dikunjungi. Kita tinggal klik dan masukkan alamat email Anda lalu klik Sign me up.

2. Mengatur Blog Yang Diikuti

Setelah mengikuti (follow) sebuah blog, kita bisa melakukan pengaturan lebih lanjut terhadap blog-blog yang sudah kita tambahkan dalam jejaring kita. Caranya; Klik menu Dasbor, kemudian klik submenu Blog Yang Saya Ikuti (Blogs I’ve Followed). Selanjutnya klik kata Read Blog tab, seperti terlihat pada gambar berikut.
follow4.jpg
Langkah berikutnya Anda tinggal mengatur frekuensi pengiriman pemberitahuan tulisan baru dari masing-masing blog yang Anda ikuti, apakah Segera (Instantly)harian atau mingguan.

3. Menerima Pesan, Blogwalking, Berkomentar.

Setiap kali ada tulisan terbaru dari blog yang kita ikuti, sebuah email pemberitahuan akan segera dikirim ke inbox email Anda. Begitu mengetahui adanya tulisan baru, kita akan langsung meluncur ke blog tersebut dalam rangka blogwalking. Dan tentu saja setelah itu kita akan meninggalkan jejak berupa komentar.
Dan setelah melakukan kunjungan ke berbagai blog yang ada di lingkup jejaring kita, kita pun bisamenelusuri jejak blogwalking melalui menu Dasbor > Comments I’ve Made.
Itulah bukti-bukti mengapa saya menganggap blog sebagai jejaring sosial (social network). Saat ini saya lebih senang ngeblog dari pada micro-blogging, karena di sini kita bisa menulis lebih banyak, tidak dibatasi. Bagaimana menurut Anda?
SUMBER : http://budiastawa.wordpress.com/2012/01/05/apakah-blog-jejaring-sosial/

Post a Comment Blogger

 
Top