0
Struktur Membran Sel Eukariotik
Struktur semi permeabel membran sel

Struktur Membran Sel Eukariotik

 Hallo Sobat Kangdansen.Hari ini saya akan memberitahu info tentang

Membran sel adalah membran semi permeabel yang melingkupi sitoplasma. membran ini berfungsi untuk melindungi struktur dalam sel dari lingkungan luar sel, selain itu juga berfungsi sebagai jalur transpor bagi materi yang keluar masuk sel. sel hewan, sel tumbuhan, sel prokariotik dan sel fungi memiliki membran sel.


Struktur Membran Sel

Membran sel terdiri dari campuran protein dan Lipid hingga terkadang disebut juga dengan lapisan lipoprotein. kandungan lipid pada membran sel berkisar antara 20-80%. karena adanya kandungan lipid membran sel menjadi lebih fleksibel, selain itu lipid juga melakukan fungsi monitoring terhadap protein dan mengatur keadaan kimiawi sel serta membantu sel melakukan tranpor molekul yang melalui membran sel.


Lipid Membran Sel

  • Phospholipid adalah komponen utama dari membran sel. terbentuk dari dua lapisan lipid (bilayer phospholipid) bagian kepalanya bersifat hidropilik namun bagian ekornya bersifat hidrophobik. lapisan ini bersifat semi-permiabel, memungkinkan  molekul-molekul tertentu untuk dapat masuk ke membran sel melalui mekaniksme difusi.
  • Kolesterol adalah komponen lain dari membran sel. berfungsi memberi bentuk pada membran sel, namun kolesterol tidak ditemukan pada sel tumbuhan.
  • Glikolipid terletak di permukaan membran sel, pada glikolipid terdapat rantai gula karbohidrat yang berfungsi untuk mengenali sel-sel lainya di tubuh kita.


Protein Membran Sel

Struktur protein pada membran sel berfungsi memberi bentuk pada sel. reseptor protein yang terdapat pada membran sel berfungsi untuk alat komunikasi sel dengan lingkungan eksternal sel  dengan menggunakan hormon, neurotransmitter dan signal molekul lainnya.

Struktur sel Eukariotik

Membran sel hanya salah satu dari komponen sel. komponen-komponen berikut ini dapat juga ditemukan pada sel hewan eukariotik.

Sentriol - Menarik kromosom menuju ke kutub saat pembelahan sel
Cilia dan Flagela - Membantu pergerakan sel
Retikulum Endoplasma - Sintesis karbohidrat dan lipid
Aparat Golgi - Sekresi Polisakarida dan protein
Lisosom - Pencernaan Intraselular
Mitokondria - Penghasil energi sel
Nukleus - mengontrol pertumbuhan sel dan reproduksi sel
Peroxisomes - detoksifikasi alkohol, membentuk asam empedu, dan menggunakan oksigen untuk menghancurkan lemak.
Ribosom - bertanggungjawab terhadap produksi protein melalui proses translasi.

Article ini Dikutip dari:http://pelajaribiologi.blogspot.com/2012/01/struktur-membran-sel-eukariotik.html
Sekian info kangdansen.salam jumpa lagi!

Post a Comment Blogger

 
Top