0
[imagetag]
Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta dari PKS Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini

Pasangan bakal calon Gubernur-Wakil Gubernur DKI Jakarta Hidayat Nur Wahid dan Didik J Rachbini meluncurkan batik 'Beresin Jakarta' di pusat perbelanjaan Thamrin City, Jalan Thamrim Boulevard, Tanah Abang Jakarta Pusat, Kamis (26/4/2012). Sebelumnya, keduanya sempat berkeliling pusat perbelanjaan yang telah menjadi salah satu sentra batik di Jakarta untuk menawarkan batik berwarna oranye kepada para pedagang.

"Ini batik kreasi kami, batik Jakarta modern dengan warna The Jakmania. Mungkin bisa dipasarkan di sini," kata Hidayat menawarkan batik yang serupa dengan kemeja yang dikenakannya bersama Didik.

Yuli, pedagang batik di toko batik Gen's Que Boutique di Blok C3A No.1, Lantai Dasar Thamrin City mengaku belum bisa menerima tawaran tersebut. Ia beralasan pihaknya sudah memiliki pemasok tetap.

Setelah melewati beberapa toko dan menyapa pemiliknya, perjalanan Hidayat-Didik berakhir di Toko Batik Pekalongan Umang. Umar, pemilik toko, dan rekannya Uci menjadi orang pertama yang bersedia mendistribusikan batik Beresin Jakarta. Acara peluncuran pun dimulai, ditandai dengan pengenaan baju batik kepada Umar dan Uci oleh Hidayat dan Didik.

"Kami hadirkan kembali batik khas Jakarta. Kami menamainya 'Batik Beresin Jakarta'. Kami ingin ciptakan Jakarta yang mensejahterakan dan berkelanjutan," kata Hidayat dalam sambutan seusai adegan simbolis tadi.

Hidayat menerangkan, kesejahteraan warga akan dituangkan dalam program-program mereka. Sedangkan Jakarta yang berkelanjutan sudah diaplikasikan mereka melalui pengembangan tradisi batik Betawi yang dikenakan keduanya.

"Kami ingin melanjutkan salah satu tradisi unggulan Jakarta dengan memperkenalkan batik ini," tutur Hidayat.

Sebagai profesor di bidang ekonomi, Didik Rachbini menambahkan distribusi batik tersebut tidak sekadar memperkenalkan tradisi unggulan tapi juga membantu perputaran roda ekonomi pedagang kecil dan menengah.

Tomoe 26 Apr, 2012

Post a Comment Blogger

 
Top