0
-Polda Metro Jaya memastikan plat nomor kendaraan B 1716 SDC yang dipakai di dua mobil milik Anas Urbaningrum adalah palsu. Namun, polisi tak akan memeriksa Ketua Umum Partai Demokrat itu soal pemalsuan plat nomor ini.

Polisi hanya memberikan teguran kepada Anas terkait penggunaan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) palsu pada kedua mobilnya. »Nomor platnya harus diganti dengan yang asli," kata Juru Bicara Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto kepada wartawan, Senin 30 April 2012.

Sebelumnya, dua mobil Anas, Toyota Alphard Vellfire dan Toyota Kijang Innova diketahui menggunakan TNKB palsu yang sama yaitu, B 1716 SCD. Berdasarkan penelusuran petugas Dirlantas Metro Jaya, yang dikutip Rikwanto beberapa waktu lalu, kedua mobil tersebut sebenarnya memiliki surat asli beserta TNKB yang terdaftar di Samsat (Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap) meskipun bukan atas nama Anas Urbaningrum.

Toyota Alphard Vellfire milik anas sebenarnya bernomor B 69 AUD atas nama Wasith Su Ady, yang beralamat di Cempaka Baru, Jakarta Pusat. Dalam catatannya, mobil tersebut merupakan keluaran tahun 2012. Sedangkan, Toyota Kijang Innova milik Anas berplat asli B 1584 TOM, atas nama Irmansyah yang beralamat di Jalan Mawar Merah, Malaka Jaya, Jakarta Timur.

Menurut Rikwanto, polisi tak menemukan adanya keterlibatan Anas dalam pemalsuan plat kendaraan tersebut. "Dari keterangan sopirnya, dia mengaku inisiatif sendiri memakai plat itu karena merasa mobil itu sering diikuti orang tak dikenal," kata Rikwanto.

Karenanya, Anas dianggap tak berkaitan dengan kasus ini. "Tidak akan diperiksa (Anas), hanya sopirnya saja," kata Rikwanto. »Kita akan menegur saja, agar plat palsu itu tidak digunakan lagi, lain halnya kalau kita tangkap karena ada razia. Kalau tertangkap razia, itu bisa kita proses,"

Semua dokumen kelengkapan ada dan lengkap sesuai aslinya," kata Rikwanto. Sementara itu, Kepala Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Dwi Sigit Nurmantyas yang dihubungi terpisah, belum menjawab permasalahan plat mobil palsu ini.

Plat Mobil Palsu, Anas Cuma Kena Tegur * | metro | Mobile Tempo.co

Berita terkait

ri4nx 01 May, 2012

Post a Comment Blogger

 
Top