0
[imagetag]

PARIS - Presiden Prancis terpilih Francois Hollande mengatakan, bahwa kemenangannya adalah simbol penolakan terhadap kebijakan penghematan yang selama ini dinilai merupakan jawaban atas krisis keuangan di Eropa.

"Di seluruh kota, banyak orang yang mengucapkan terima kasih kepada kami. Mereka memberikan harapannya kepada kami dan menyuarakan penolakannya terhadap kebijakan penghematan. Anda adalah bagian dari pergerakan itu, di Eropa dan bahkan mungkin juga di penjuru dunia," ujar Francois Hollande di hadapan ribuan pendukungnya seperti dikutip Sky News Senin, (7/5/2012).

Pidato kemenangannya itu disampaikannya dari wilayah Tulle. Setelah mendengar bahwa perolehan suara terbesarnya datang dari Tulle, Hollande pun dikabarkan segera berkunjung ke daerah yang sempat dipimpinnya selama tujuh tahun itu.

Tidak lama setelah pengumuman kemenangannya disampaikan kepada publik, politisi senior itu pun langsung mendapatkan ucapan selamat dari beberapa pemimpin dunia. Beberapa di antaranya yang ikut memberikan selamat kepada Hollande antara lain Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dan Perdana Menteri Inggris David Cameron.

Belum lagi dilantik sebagai pengganti Nicolas Sarkozy namun, Hollande mengindikasikan Jerman akan menjadi tujuan dari kunjungan resmi pertamanya ke luar negeri.

Kemenangan yang diraih Hollande ini kabarnya tidak terlepas dari program-programnya dalam bidang ekonomi. Selama masa kampanye Hollande gencar menjanjikan kenaikan pajak terhadap korporasi besar dan berusaha untuk meningkatkan pendapatan rakyat Prancis.

Politisi berusia 57 tahun itu juga menjanjikan kenaikan upah minimum dan memperkerjakan lebih dari 60 ribu guru serta menurunkan usia pensiun dari 62 tahun menjadi 60 tahun.

Naiknya Hollande ke tampuk kekuasaan tertinggi Prancis sekaligus menorehkan catatan khusus dalam sejarah negara itu. Karena untuk pertama kalinya dalam kurun 17 tahun terakhir, Hollande menjadi politisi Sosialis pertama yang berhasil menduduki kursi kepresidenan.

nagaco 08 May, 2012

Post a Comment Blogger

 
Top