0
Sayuran dan buah telah lama dikenal mengandung banyak zat antioksidan. Namun menurut peneliti, kandungan antioksidan yanga dalam dua jenis makanan tersebut ternyata belum seberapa jika dibandingkan dengan jagung popcorn.

Antioksidan merupakan kandungan zat penting yang dibutuhkan tubuh untuk melawan molekul berbahaya yang dapat merusak sel. Bahkan zat yang dikenal sebagai polifenol itu dapat mencegah penyakit berbahaya seperti kanker dan penyakit jantung.

Dan popcorn atau yang biasa disebut jagung brondong memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan sayur dan buah-buahan.

Temuan ini dikemukakan oleh sekelompok ilmuwan dari University of Scranton di Pennsylvania.

Menurut mereka, kandungan air yang hanya mencapai 4% dalam popcorn membuat tingkat antioksidan lebih terkonsentrasi. Sementara antioksidan pada buah dan sayur lebih encer sebab kandungan airnya mencapai 90%.

"Popcorn mungkin menjadi makanan camilan yang paling tepat," ujar salah seorang peneliti bernama Joe Vinson. "Ini adalah camilan yang 100% mengandung butiran gandum," lanjutnya.

Satu porsi jagung popcorn disebut mengandung 300 mg antioksidan. Jumlah tersebut dua kali lipat lebih banyak dibandingkan antioksidan yang ada pada buah dan sayur dengan porsi yang sama.

Kandungan antioksidan yang ada paling banyak terkonsentrasi pada bagian kulit yang biasanya sering menyangkut di gigi. Karena itulah, disarankan agar anda tidak langsung membuang bagian tersebut.

Selain antioksidan, Joe Vinson bersama dengan timnya juga menemukan fakta bahwa serat atau fiber yang ada dalam popcorn sangat aman bagi lambung dibandingkan buah dan sayur.

"Popcorn membuat lambung lebih nyaman. Mereka sangat bergizi," katanya.

Meski begitu, Joe Vinso mengingatkan agar tetap mengkonsumsi makanan yang seimbang. Dengan kata lain, konsumsi buah dan sayur masih sangat penting karena banyak kandungan vitamin dan mineral lain yang tidak ditemukan di dalam jagung popcorn.

Post a Comment Blogger

 
Top