0
Gurilem Maicih
ini bukan gurilem. photo courtesy of 101cookbooks.com

Gurilem Maicih

Nah setelah mengeluarkan produk keripik singkong Maicih, presiden republik Maicih me-launch produk kerupuk gurilem. Kerupuk gurilem juga bukan barang baru sebenarnya. Dari jaman jadul baheula di Bandung yang namanya gurilem sudah malang melintang. Ok, jadi apa yang beda? Yang beda tetap cara jualannya. Udah ngantrinya panjang, tempatnya pindah-pindah ga jelas dimana, pernah di Unpad, pernah di Braga Cafe, dibatas pula cuma boleh beli dua bungkus. Ya dua bungkus! Tidak usah bengong begitu.. Please deh. Dan kalau presiden lagi baik hati, katanya boleh lima kok.

Teman saya di kantor pernah dengan berkata dengan semangat "saya sampai bela-belain nitip Office Boy buat antriin gurilem Maicih, nih saya dapat dua" katanya bangga. Saya dengan kagum akan semangatnya bertanya "Emang enak ya Maicih itu"? Jawabnya "Engga juga sih, biasa aja, cuma penasaran aja". Tapi saya sih dengan senang hati ikut makan. Gurilemnya pedas merangsang. Bumbu cabenya terlihat asli. Bukan bubuk-bubuka cabe palsu gitu. Terbukti dari biji cabenya yang terlihat jelas di sekujur tubuh kerupuk gurilem yang mini ituh.

Jangan tanya masalah MSGnya. Jelas sangat terasa. Tapi seperti kata saya pada teman-teman (dengan tidak malu-malu, tentu saja walaupun dari kemarin dapat gratisan melulu, dari keripik Maicih sampai Gurilem Maicih), saya perlu menurunkan kecerdasan saya dengan mengkonsumsi banyak-banyak makanan yang mengandung MSG atau vetsin ini. Ga enak sama yang lain kalo beda level kecerdasan.

Jadi apa yang beda dari Maicih? Tidak ada yang ajaib pokoknya. Cuma cara jualannya saja. Maicih sendiri apakah benar atau tidaknya suatu ibu-ibu atau mahluk yang benar-benar ada, atau sekedar merk dan jargon saja, entahlah. Belum pernah dipublikasi ataupun memberikan tandatangan. Yang jelas menurut teman saya President of Republic Maicih ini lumayan cakep. Okedeh...

Oh ya satu bungkus gurilem maicih ini tidak bisa dibilang murah untuk ukuran kerupuk. Harganya 12 ribu rupiah per bungkus, dengan level pedas macam-macam. Kadang dijual 15 ribu tapi itu mencurigakan apakah ada mark up harga dari para calo pengantri kerupuk dan keripik maicih ini.
sebungkus dengan segede gini dijual Rp 12.000
PS: Gurilem adalah sejenis kerupuk kecil-kecil yang kerap dinamai pula dengan nama kerupuk Bondon. Bondon sendiri artinya perempuan nakal, perempuan girang, wanita penghibur, perek, dan segala jenis persamaan derogatif lainnya. Mengapa sampai dinamakan kerupuk bondon? mungkin karena rasanya enak, murah, meriah, dan mudah didapat.

PPS: Saya sangat mengagumi kerupuk. Menurut saya makanan itu berkategori Open Source. Mudah didapat, mudah dikombinasikan dengan makanan apa saja, dan bisa didapat gratisan (kalau gak malu tentu saja).  Satu level dengan Linux deh.

sumber: http://www.green-corner.org/2011/03/gurilem-maicih.html

Post a Comment Blogger

 
Top