0


Dalam hal kepemilikan dan pengelolaan sebuah website atau situs tentunya kita harus memiliki sebuah domain dan hosting, dua hal penting yang harus kita pahami dan kita mengerti tentang kepemilikan domain dan hosting, untuk memiliki keduanya seharusnya kita tidak terlalu ceroboh dalam memilih dan membelinya, karena jika diawal sudah salah maka tentuny akan berakibat pada sebuah penyesalan.  Dari kedua hal tersebut untuk memilih domain mungkin tidak terlalu rumit dibandingkan memilih layanan webhosting. Untuk pemilihan domain menurut saya cukup dengan mempertimbangkan kesesuaian antara nama dan isi (content) situs kita dan domain mudah diingat saya kira dua hal tersebut sudah lebih dari cukup. Lain lagi jika kita ingin menentukan membeli sebuah hosting, tentunya diperlukan sebuah kejelian tersendiri agar dalam pengelolaan website kita nanti terasa nyaman, karena kenyamanan layanan dari perusahaan webhosting inilah yang sangat kita butuhkan. Sebenarnya banyak sekali webhosting indonesia, dengan beragam penawaran dan gimmick yang menjadi andalan mereka. Dan salah satu hal yang sering mereka tawarkan adalah hosting murah dengan beragam bonus dan layanan yang begitu menggoda. Lalu bagaimana untuk dapat memilih dan menentukan webhosting agar kita tidak terjebak penawaran perusahaan hosting tersebut. Dan tulisan dibawah ini semoga dapat dipergunakan sebagai acuan dalam memilih perusahaan webhosting tangguh, hosting berkwalitas dan  hosting terbaik.
Pertama adalah,  Harga yang ditawarkan, sebelum memutuskan untuk membeli hosting untuk menitipkan webiste kita tentunya kita harus melakukan survey dan mencari tahu sedetail mungkin ke beberapa perusahaan hosting, apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan kantong kita dan logis atau tidak karena jangan sampe kita nanti terjebak pada hosting murah namun mlempem layanan dan fasilitas. Dan tentunya hanya perusahaan webhosting tangguh dengan hosting berkwalitas yang bisa memberikan hal tersebut.
Kedua, yaitu Fasilitas dan Layanan, Hosting murah saja tidak cukup khan..?? menjadikan kita percaya lalu membeli hosting, karena selain hosting murah tentunya harus kita lihat fasilitas-fasilitas yang diberikan serta layanan-layanan yang akan kita nikmati ketika memutuskan untuk membeli hosting tersebut, dengan demikian dari sisi kenyamanan kita akan terjamin.
Ketiga, ialah Fitur dan Kemampuan Server
Periksa fitur dan kapasitas yang ditawarkan oleh penyedia hosting, apakah sesuai dengan kebutuhan kita dan mampu beradaptasi sejalan dengan perkembangan situs anda. Banyak penyedia hosting yang menawarkan fitur dengan kapasitas serba wah ibarat bangunan mewah yang hanya merupakan trik pemasaran, atau harga yang murah dengan fitur terbatas yang memaksa anda membayar jauh lebih mahal saat anda membutuhkan upgrade.
Keempat, yaitu Software di Server Hosting, kejelian dan ketelitian kita pada saat memilih dan memilah mana perusahaan hosting yang layak kita jadikan tempat untuk menempatkan website-website kita tentu akan menjadikan dan menumbuhkan rasa puas tersendiri pada kita, untuk itu perhatikan juga Software yang ditempatkan pada Server Webhosting, software-sofware yang mereka pergunakan, seperti CPanel, Fantastico, Softaculous, php dan lain-lain. Perhatikan versi softwarenya,  misal linux atau php versi berapa,  dan kita pilih versi terbaru, karena  terkadang dibutuhkan versi-versi terbaru dari software tersebut agar disaat kita install website kita support.
Kelima adalah Hak Acces dan Security, ini hal terpenting yang harus kita dapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang sejauhmana kita memiliki hak akcess dan security terhadap account kita pada perusahaan hosting tersebut, karena tentunya pengelolaan situs menjadi hak kita sebagai konsumen dengan dukungan dan support secara teknis dari perusahaan hosting yang kita pilih tersebut.
Ke-enam, adalah support terhadap pelanggan, tentunya kita berharap 24 jam dalam sehari, kita akan dapat menghubungi pihak Webhosting, karena kita tidak akan pernah tahu apakah website kita selalu dalam kondisi yang baik, karena tidak menutup kemungkinan setiap saat site kita akan ada gangguan atau malah mungkin di hack. Dengan adanya jaminan bahwa kita didukung oleh Customer Service 24 jam full tentu akan tenang ketika website kita mengalami gangguan setiap saat.
Saya rasa enam hal tersebut diatas batas minimal yang harus kita pahami dan mengerti sebelum kita memilih perusahaan hosting untuk menempatkan website kita. Karena ternyata hosting murah saja tidak cukup bagi kita untuk percaya kemudian membeli hosting di suatu perusahaan webhosting, karena mimimal harus ada 6 hal tersebut agar kita bisa percaya dan yakin untuk kemudian membeli hosting  pada perusahaan tersebut. Begitu banyaknya perusahaan hosting yang menawarkan paket-paket dan gimmick menarik kepada kita tentu hal diatas benar-benar harus kita perhatikan agar kita tidak terjebak. Setidaknya IDwebhostSebagai Web Hosting Indonesia, yang memiliki tekad memberikan layanan web hosting murah serta domain murah,  dengan jaminan  service yang berkualitas. Dapat menjadi salah satu pilihan perusahaan webhosting untuk menempatkan website kita.
Demikian tulisan ini semoga bermanfaat dan terima kasih

Post a Comment Blogger

 
Top